Diberdayakan oleh Blogger.
 
 
Rabu, 02 Januari 2013

Apakah Itu Flower City Casual ?

 
Sebelum kita membahas apa itu FCC, ada baiknya untuk dulu apa itu Casuals Culture, tentu saja karena menggunakan bahasa inggris, Casuals Culture pertama kali berkembang di Inggris, tepatnya Liverpool akhir tahun 70-an dan awal 80-an, dimana konflik antar pendukung klub di Inggris tengah panas-panasnya, sehingga akses para pendukung sepakbola untuk memasuki bar dan melakukan perjalanan tandang semakin sulit akibat larangan dari otoritas setempat dan ancaman pendukung klub lawan. Sejak itu, produk sandang dari desainer terkemuka di Inggris seperti Burberry, Stone Island, CP Company, Sergio Tacchini, Fila, Trainers Adidas Originals, Ellesse, Scott & Lyle menjadi pilihan alternatif pengganti jersey dan merchandise klub yang dinilai terlalu berbahaya untuk dipakai, disamping itu infiltrasi ke kelompok saingan pun semakin mudah dilakukan.

Lalu bagaimana dengan kultur skinhead dan hooliganisme? Banyak orang yang mengidentikan casuals dengan kultur skinhead dan hooligan, kultur casuals memiliki keterkaitan dengan kultur skinhead, karena pada awal kemunculannya kultur ini kaum skinhead lah yang memilih berpakaian tanpa warna klub di stadion, mereka memilih menggunakan boots martens dan perry kebanggaan mereka di tribun namun pada saat itu otoritas disana mengidentikan skinhead dengan perusuh sepakbola. hingga ada penitipan paksa boots sebelum masuk ke tribun stadion, karena tahu sendiri akibatnya jika sol Martens mendarat di wajah. Sehingga penampilan sporty ala petenis kondang saat itu menjadi pilihan cerdas, casuals sendiri menyatukan banyak subkultur dalam kultur sepakbola. Berbagai genre musik dari post punk, oi!, new wave, hardcore hingga britpop identik dengan kultur Casuals.

Lalu apa hubungannya dengan hooliganisme? Hmmmà sebenarnya saya menghindari term hooligan dalam bahasan ini, karena hooligan adalah term yang diciptakan media untuk perilaku yang buruk dalam kultur pendukung sepakbola seperti perkelahian antar pendukung sepakbola, pengrusakan fasilitas umum, dll., beberapa Casuals memang mempraktikan hooliganisme dalam aktivitasnya, oleh karena itu saya sangat menghindari term hooligan di ranah ini.

Kultur Casuals masuk ke ranah budaya pop saat sineas tertarik untuk mengangkatnya pada layar lebar, sebt saja The Firm 1984, I.D, Cass, The Rise of Footsoldier, Green Street I & II, Football Factory, Awaydays dan The Firm 2009 dan beberapa judul lainnya. Diantara banyak film tersebut, menurut saya The Firm dan Awaydays lah yang paling mendekati kultur Casuals, dimana unsur
fesyen sebagai bagian dari kultur Casuals sangat ditonjolkan oleh sang pembuat film.


FCC as local casuals

Lalu apa itu FCC? FCC merupakan kependekan dari Flowers City Casuals, yang maknanya kurang lebih sebagai Casuals dari Kota Bandung, berawal dari kesukaan akan budaya inggris, hoby bergaya dengan brand eropa dan kecintaan pada Persib Bandung, sekitar tahun 2005 berdirilah FCC. Berbeda dengan klub penggemar Persib Bandung lainnya, FCC tidak memiliki struktur organisasi dan keanggotaan formal.

Dimanakah FCC bisa ditemui? Oya, kami selalu berada di sisi utara Stadion Siliwangi di setiap laga tandang, jangan berharap mendapatkan koreografi yang indah disini, apa lagi berharap bisa bernyanyi bersama chants ôUwa û Eweö atau ô******Bonek sama Sajaö, karena kami tidak seperti itu, kami berbeda dengan pendukung militan dari bagian timur pulau jawa tersebut, tak ada panglima, tak ada koreografi, mungkin hanya flare terbakar, chants dan caci-maki terhadap klub lawan yang akan didapatkan disini.

Diluar tribun, kami bisa ditemui pada waktu-waktu tertentu, seringkali pada siaran langsung laga tandang Persib Bandung ataupun bigmatch Premier League berlangsung, di kedai seputaran kota Bandung yang menjual bir dengan harga yang tidak terlalu mahal dan menyiarkan tayangan langsung sepakbola, selain PERSIB, obrolan tentang items casuals pun menjadi perbincangan seru diantara kami, info tentang lapak Trainers Adidas Originals ataupun secondhand jaket Sergio Tacchini, Fila, Slazenger menjadi tema penting. beberapa diantara kami adalah penganut taat paham Straight Edge, dan kami respek dengan itu semua.

Ada hal-hal yang sangat dibenci oleh FCC di tribun Stadion, memakai jersey atau merchandise klub yang tidak ada hubungannya dengan pertandingan saat itu, apalagi ditambah dengan tidak menggunakan alas kaki (karena kami menganggap setiap laga Persib adalah seremonial suci yang harus sangat dihargai, bayangkan saja kamu datang ke pesta perkawinan tanpa alas kaki) dan menyanyikan lagu persahabatan antara dua grup pendukung sepakbola dengan embel-embel ôSatu Hatiö WTF! Dan satu lagi, membawa gitar ukulele di tribun, Tai Suci! (maksudnya Holyshit) Apa lagi itu! siapapun bisa menjadi bagian FCC, tentunya mencintai Persib dan kultur Casuals. Bersikap Casuals dan mari bergabung bersama kami disini, di tribun utara!

sumber - http://bluearea-persib.blogspot.com/2012/07/apakah-itu-flower-city-casual.html

89 komentar:

Anonim mengatakan...

Sayang sudah membubarkan diri.

Anonim mengatakan...

buat yang di atas saya << FCC Mungkin Udah Bubar namun Coba anda telaah ke NORTHSIDE TERRACE jalak harupat...!! PAHAM, IDEOLOGI, STYLE CASUAL semakin diminati\..ya mungkin dulu hanya sekitar puluhan orang namun kini perkiraan sekitar ribuan yang memakai style casual di NORTHSIDE TERRACE :)

Anonim mengatakan...

diminati?
nggak salah tuh?
mungkin memang sekarang banyak yang mengikuti, tapi mereka itu justru yang tidak mengetahui apa-apa tentang Casuals alias hanya ikut-ikutan.
tujuan FCC ingin mengcasualkan bandung?
sangat tidak mungkin :))

Anonim mengatakan...

kami bergerak tanpa nama, bung :)

Anonim mengatakan...

fucking fans....!!!
damn

Anonim mengatakan...

FLOWER CITY CUNTS !!!

Unknown mengatakan...

Maaf Bung Kalo Kalian Iri Jangan Disini! Itu Akan Membuat Malu Anda Sendiri #FlowerCityCasuals

Anonim mengatakan...

Nama Organisasi Ini Mungkin Telah Bubar Dan Bermunculan beberapa firm kecil seperti, Students Class Bobotoh, BxB, CsB, Working Class, BcN, dan masih bnyak lainnya. tapi Budaya Ini Bukan Untuk membesarkan Organisasi Namun Membesarkan PERSIB!
Northside Terrace Style

Anonim mengatakan...

apa salahnya kami mendukung team kami dengan gaya kami sendiri? "you'll not understand if you're not one of us" translate weh bisi teu ngartimah!

Anonim mengatakan...

viking 4 - 0 weekendersc/fcc atau apapun namanya.. bener ga skornya? katanya ribuan di utara kok kebantai mulu? oh iye kasian ye ngomonginnya klo ga adidas, ngomongin jaket2 seken doang yg merknya sebatas ST,ellesse atau slazenger, ga yg BNWT aja kang biar kerenan dikit?

Unknown mengatakan...

Kita Saling Menghargai Satu sama yang lain Aja Bung

Unknown mengatakan...

naon atuh lur make garelut sagala....biarkan semua mendukung dengan gaya dan cara masing2 yang terpenting adalah TEAM YG DIDUKUNG.... PRESIB BANDUNG dan jadikan perbedaan itu indah

Anonim mengatakan...

Respect

#FlowersCityCasual

Anonim mengatakan...

Respect to respected!! kalau keswal dari jkt bilang "lah FCC casuals abal abal,gadungan!" nah kita balikin ladss.. "Lah lu juga abal abal(FAKE) orang casuals yang asli mah di inggris kan ya? kita cuma membesarkan culture dan mendukung tim kesayangan"
#FlowerCityCasuals

Anonim mengatakan...

RESPECT

#FlowerCityCasuals

Anonim mengatakan...

respect

Unknown mengatakan...

Kalo menurut saya, kemablilah seperti dulu, sadarlah, keberadaanmu membuat situasi kurang nyaman. Walaupun saya tau, casuals itu ngga salah apa".. tapi betapa sulitnya menyuruh yg lain mengerti. Hanya dandanan sopan, dan memakai atribut sudah cukup, tidak usah berlebihan. Kita di jawa bandung, bandung sepenuhnya milik persib. Jadi tidak usah memakai style bebas.. tidak akan ada yg menyerang mu tiba" seperti di inggris raya..

Muqsith al hamid mengatakan...

Perbedaan bukanlah suatu Kebencian!!
Yang penting itu, Tujuannya sama .. ~
Lihat kedepan, semakin kami di Injak-injak .. Kami akan memadati Tribun Utara ~
#Respect For All

Unknown mengatakan...

kami bangga mengenakan jersey club kebanggaan kami (persib),,,
SEBAGAI BENTUK PENGHORMATAN kepada club kami tercinta

padjadjaran_clan

Aldy mengatakan...

FCC ??? hahahahah KOCCAK

FELOWER CITI CANGSUAL...

sudah bubar ???? MUNGKIN MALU karna berterimakasih dengan POLISI... :-)

b12ois mengatakan...

Rupanya sesama pendukung tim masih saling tidak terima antara culture baru dan culture lama :))

Anonim mengatakan...

waduh asa bodor ey ka stadion mah selow we atuh meni kudu ngabeda beda keun. saya ge tara pake atribut tp selow ah, pake sepatu adidas+poloshirt hitam cukup.culture lamanya aja yg berlebihan. KUDU SELOW BOS

#BobotohSantun

Muhamad Apta mengatakan...

Saya rasa bersama ga harus sama

Anonim mengatakan...

Silahkan! kalian menghujat apapun tentang #NortsideTerrace tetapi kami selalu ada untuk persib! :p

Anonim mengatakan...

masalahnya sangat kompleks, akarnya bukan gara gara perbedaan kultur atau atribut ! mereka membubarkan diri bukan berarti menghentikan dukungan, mereka hanya menghapus nama firm dari teras saja. untuk tetangga silahkan berkomentar sepuasnya tentang mereka agar alam semesta tau betapa dangkalnya kalian :)

we're the first and the finest !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Anonim mengatakan...

kita dukung persib kenapa harus ribut ???

#respect dong jangan facisct !!!

Anonim mengatakan...

ini budaya sunda bukan budaya luar, kenapa kalian engga lebih membanggakan budaya luar dibanding budaya sendiri ?!

Anonim mengatakan...

budaya sunda ai #VIKING budaya MANA YA?

Anonim mengatakan...

this is football !!!! not about cultural issues,, loyalty and totality is number one!!!!

Anonim mengatakan...

kasian ya PERSIB,,padahal Persib punya culture sendiri yang lahir dr budaya sendiri yaitu BOBOTOH..kenapa malah lebih bangga dg Hooligan/Casual Inggris (lebih tepatnya hoholiganan and Kakasualan) atau bahkan Ultras Italy (U,ultrasan)...tapi mungkin kita memang terlahir sebagai bangsa yang selalu dijajah..jadi silahkanlah saling menghujat wahai bangsa yang terjajah.. :p

Unknown mengatakan...

sama sepertinya dikota hujan sekarang kebanyakan casual ultras semakin banyak # RESPECT

Anonim mengatakan...

masih inget waktu dulu di utara ada FCC, kalo di selatan ada SS hahaha tapi sayang yang di selatan mulai pudar semenjak anak anaknya terlalu bangga sama firm mreka . bau baunya juga yang di NORTHSIDE kalo terlalu bangga ama firm nya bakal terjadi hal yang sama .

Anonim mengatakan...

#RESPET aja kita datang ke stadion untuk mendukung
tim kesayangan bukan ribut

nurtahryo lukman mengatakan...

akan tetapi saya tidak setuju dgn kalian fcc yg menjelekan sodara kita d jawa bagian timur sana (hijau) . apa kalian tidak pernah melakukan invasi.awayday atau tour ke jawa timur ? betapa bangga nya mereka kehadiran sodara nya dari bandung mereka mempersiapkan kendaraan untuk menjemput kita mereka mempersiapkan makan dikala kita lapar . dan mereka yg selalu menemani kita dan mengantar kita ke stadion yg kita tuju . betapa peduli nya mereka terhadap kami . bahkan pengalaman yg pernah saya alami . karna kota heroes sudah tak asing bagi saya . mereka sampaisampi mengatakan . (SUDAH MAS JANGAN MENGELUARKAN UANG MU KARNA UANG BANDUNG GA BERLAKU DI SURABAYA) . dan asal kalian tau . bukan hanya di indonesia persahabtan erat ini bisa terjadi . tapi di eropa pun begitu seperti misalnya di ITALY antara CURVANORD INTER dengan CURVANORD LAZIALE(LAZIO) yg disebut dengan GAMELLAGIO (persaudaraan) . mereka pun sama seperti kita begitu indah nya kebersamaan dalam sepak bola .

#ULTRASPERSIB

Anonim mengatakan...

"FCC" memang otak udang masa bonek dijelek jeleki.

#BOMBER KOPO

Anonim mengatakan...

Nama FLOWER CITY CASUALS emang udah mati , tapi lihatlah ketika anda nonton langsung ke si jalakharupat tepatnya di north terrace kami tetap ada walaupun tanpa sebuah nama !!!
Sebelum anda berkomentar tentang kami ,Cobalah anda sekali berdiri bersama kami disini di tribun utara !!!

ULTRASumatera! mengatakan...

VIKING BASTARDI #ULTRASUMATERA !!

Anonim mengatakan...

YA BEGITULAH ORANG" DUSUN TIDAK BISA MENERIMA PERBEDAAN, BEDA DENGAN ORANG PESISIR (JAKARTA SALAH SATU'Y) YG BISA MENERIMA PERBEDAAN. LIHAT JAKARTA MULTI ETNIS TAPI BISA HIDUP BERDAMPINGAN DAN TETAP RUKUN. BEGITUPUN KEADAAN TERRACE SUPPORTER JAKARTA MESKIPUN BANYAK BERMUNCULAN KOMUNITAS" BARU SEPERTI: JAKAMPUS, JAKANTOR, ULTRAS SEKTOR 5 DLL, TETAP BISA BERDAMPINGAN DAN SALING MENGHARGAI PERBEDAAN.KARENA MEREKA (KOMUNITAS) MASIH BERADA DALAM NAUNGAN ORGANISASI THE JAKMANIA DAN MENGHORMATI ORGANISASI TUA'Y. DAN RATA" PARA ANGGOTA KOMUNITAS JUGA MEMILIKI TANDA PENGENAL (KTA) THE JAKMANIA..~

Anonim mengatakan...

.FCC itu sebenarnya rawan penyusup, kita tau rivalitas suporter ind0nesia, style FCC lah yg jd akar masalah,
dan rivalitas suporter yg mengakar jd masalah.
maka.a bnyak pihak/org teruTama pendukung PERSIB yg tidak suka bhkan benci dgn FCC, style kalian bung, yg tnpa ada lambng kebesaran tim yg kalian dukung, coba kalo h0meday kalian memakai style layak.a teman2 lain.a, boleh memakai style kalian tp saat awayday saja,mgkn akan lbh bisa diterima

Anonim mengatakan...

Walaupun kami sudah tiada tapi kami terus BERLIPAT GANDA !

#633

Unknown mengatakan...

ANDA INGIN MERASAKAN KEM_0_ENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL TLP KI ANGEN DARWO 0 8 5 3 2 5 2 9 1 9 9 9 ) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 303X TERBUKTI
TRIM’S ROO,MX SOBAT






ANDA INGIN MERASAKAN KEM_0_ENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL TLP KI ANGEN DARWO 0 8 5 3 2 5 2 9 1 9 9 9 ) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 303X TERBUKTI
TRIM’S ROO,MX SOBAT





ANDA INGIN MERASAKAN KEM_0_ENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL TLP KI ANGEN DARWO 0 8 5 3 2 5 2 9 1 9 9 9 ) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 303X TERBUKTI
TRIM’S ROO,MX SOBAT

Unknown mengatakan...

ANGKA JITU DAN AKURAT HASIL RITUAL YANG BISA ANDA MENANGKAN HARI INI HUB NO =085=319=486=059 KY PANGANDARANG DENGAN KEMANPUAN SUPRANATURAL YANG DIMILIKINYA BISA MENEMBUS ALAM GHOIB DAN AKAN MEMBERIKAN KEMENANGAN ANDA HARI INI KARNA BELIAU AKAN SELALU MEMBANTU ANDA DENGAN ANGKA RITUALNYA YANG DI JAMIN 100% TEMBUS DAN MEMANTAU ANDA SELAMA PEMASANGAN ANGKA (SGP/HKG/MALAYSIA/ )SAMPAI AKHIR PUTARAN ANGKA TOGEL SELESAI DI PUTAR,

Anda cukup mendaftar dengan biaya 100 ribu
Contoh format nama dan kirim pulsa 100 ribu ke nomor 0853-1948-6059 sebagai biaya ritual untuk di belikan peralatan sesajen seperti :
KEMBANG,KEMENYANG,PISANG DAN TELUR AYAM KAMPUNG. Setelah biaya di kirim maka AKY PANGANDARAN akan membantu anda dengan ritual ghoib. Biaya yang anda keluarkan tidak sebanding dengan angka hasil ritual yang di berikan kepada anda semua.tapi ingat setelah tembus sisihkan sedikit buat yang memerlukan biar berkah. DAPATKAN SEKARANG JUGA ANGKA TEMBUS KY PANGANDARANG Call / Sms 0853-1948-6059

. GHOIB: singapur 2D/3D/4D/

angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/

angka GHOIB; malaysia 4D/6D/8D/

angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/

angka GHOIB; laos 4D/6D/8D

angka GHOIB; thailan

angka GHOIB; macau

angka ghoib; sidney

wan mengatakan...

Casual style it`s OK . I like your style.
tapi jika saling menghargai sesama bobotoh dengan melakukan satu hal yang mereka lakukan (persahabatan dengan fans club lain. Mungkin mereka akan menerima keberadaan FCC.
meski nama sudah hilang BOBOTOH CASUAL STYLE BOYS takan hilang

Anonim mengatakan...

helm-nya mana kang? dipake dong, ntar ilang loh. i love my helmet more than my clobber :D

Amalan pelunas hutang mengatakan...

assalamualaikum wr,wb AKI… saya Siti Di Arab Saudi
mengucapkan banyak2 terima kasih kepada AKI WALI SONGO
atas nomor togelnya yang kemarin AKI berikan yaitu
"2191" alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI
dan berkat bantuan AKI WALI SONGO saya bisa melunasi
semua hutan2 orang tua saya yang ada di BANK BRI
dan bukan hanya itu AKI alhamdulillah sekarang saya
sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan
keluarga saya sehari2.itu semua berkat bantuan AKI
WALI SONGO sekali lagi makasih banyak yah AKI…
yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi AKI
WALI SONGO di nomor 0853-8257-2444 dijamin
100% tembus atau silahkan buktikan sendiri









assalamualaikum wr,wb AKI… saya Siti Di Arab Saudi
mengucapkan banyak2 terima kasih kepada AKI WALI SONGO
atas nomor togelnya yang kemarin AKI berikan yaitu
"2191" alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI
dan berkat bantuan AKI WALI SONGO saya bisa melunasi
semua hutan2 orang tua saya yang ada di BANK BRI
dan bukan hanya itu AKI alhamdulillah sekarang saya
sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan
keluarga saya sehari2.itu semua berkat bantuan AKI
WALI SONGO sekali lagi makasih banyak yah AKI…
yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi AKI
WALI SONGO di nomor 0853-8257-2444 dijamin
100% tembus atau silahkan buktikan sendiri

Anonim mengatakan...

Sungguh senang rasanya melihat kalian bertengkar:)

Anonim mengatakan...

mungkin pemain akan lebih bersemangat dengan chants seperti "yo ayooo" atau dengan chants "halo halo bandung".. Sementara itu, coba kalian pikirkan ini wahai anak casual.. Apakah dengan menyanyikan chants seperti"oh when the blues" atau chants2 berbahasa asing lainnya bisa memberi efek yang sama kepada pemain persib seperti chants2 yg biasa dinyanyikan oleh BOBOTOH?? Apa itu yang kalian sebut dukungan?? Apakah seluruh pemain persib harus memikirkan dulu apa arti dari lirik chants kalian?? Apakah kalian menganggap menyalakan flare yang membuat klub kesayangan kalian sendiri kena sanksi itu keren??
ayolah... memang saya juga suka casual, tetapi menurut pandangan saya FCC salah kaprah! contohlah ultras persija, chants nya pun mayoritas berbahasa indonesia! mereka juga masih dibawah naungan the jakmania, karena mereka RESPECT terhadap sesepuhnya.. bukan saya membela persija, saya juga bahkan benci persija.. tapi, kalau mereka lebih baik, apa salahnya kita tiru

Anonim mengatakan...

setuju sama yang diatas saya^^^^^^^^

Unknown mengatakan...

JUAL TUYUL ANAK BUTA KELLING - HUBUNGI KAMI DI NO HP. – 082-369-439-555
atas nama KI ARIB WIDODO anda butuh pasugihan adopsi tuyul atau rumah tangga lagi renggang hub segera di no 082-369-439-555

assalamualaikum wr, wb.KI saya:PAK JOKO .dan SEKELUARGA mengucapkan banyak2
terimakasih kepada KI ARIB WIDODO atas angka togel yang di
berikan “4D” alhamdulillah ternyata itu benar2 jebol dan berkat
bantuan KI ARIB WIDODO saya bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya yang
ada di BANK dan bukan hanya itu KI alhamdulillah sekarang saya
sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya
sehari2. itu semua berkat bantuan KI ARIB WIDODO sekali lagi makasih banyak
yah KI … yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi KI ARIB WIDODO di
nomor: (((_082-369-439-555_)))
dijamin 100% jebol saya sudah buktikan…sendiri….
Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!
1″Dikejar-kejar hutang
2″Selaluh kalah dalam bermain togel
3″Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel
4″Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat
5″Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
tapi tidak ada satupun yang berhasil..
Solusi yang tepat jangan anda putus aza…KI ARIB WIDODO akan membantu
anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
butuh angka togel 2D_3D_4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin 100% jebol
Apabila ada waktu
silahkan Hub: KI ARIB WIDODO DI NO: (((_082-369-439-555_)))
angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/
angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/
angka GHOIB; malaysia
angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/
angka GHOIB; laos

Anonim mengatakan...

Pahami kulturnya , tong di teleg buled" ogee karena di indonesia punya kulturnya sendiri !!

Unknown mengatakan...

Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'

Unknown mengatakan...

Saya ingin menyampaikan kepada seluruh TKI yang bekerja di negeri orang saya ibu hermawati seorang TKI DI MALAYSIA pengen pulang ke indo tapi gak ada ongkos sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan susah gaji suami itupun buat makan sedangkan hutang banyak kebetulan suami saya buka-buka internet mendapatkan nomor MBAH RONO katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah jadi saya coba hubungi MBAH RONO dan minta angka bocoran MALAYSIA angka yang di berikan 4D TOTO ternyata betul-betul tembus 100% bagi saudarah-saudara di indo mau di luar negeri apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah anda hubungi MBAH RONO di nomor (_085_340_489-469_) ini asli bukan rekayasa atau silahkan buktikan sendiri..

Unknown mengatakan...

Respect FCC

Unknown mengatakan...

saya pak junaidih. posisi sekarang di taiwan
bekerja sebagai buruh bangunan dan
gaji saya pun cuma pas-pasan
setiap gajian selalu mengirimkan
orang tua di kampung
sebenarnya pengen pulang tapi
uang saya tidak cukup.
sempat saya putus asah dan secara kebetulan
saya buka2 internet ada seseorng berkomentar
tentang MBAH jonoseuh. katanya perna di bantu
melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
karna di taiwan ada pemasangan
jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun mau berbuat apa lagi.
saya minta angka sama MBAH jonoseuh
angka yang di berikan 4d untuk pemasangan taiawan tembus 100%
dan saya menang 250 jt terima kasih banyak MBAH jonoseuh
kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
dan rencana mau pulang ke indon untuk buka usaha
bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
jangan putus asah HUBUNGI mbah jonoseuh DI NO: 0823 4444 5588
tak ada salahnya anda coba
karna angka ritual MBAH jonoseuh tidak perna meleset
daningat kesempatan tidak akan datang untuk yang kedua kalinya..!!!

Unknown mengatakan...

Jadi gimana yg ngakunya dulur dari jawa timur udah nyambut yg oren2 di stasiun gubeng akhir bulan kemaren,giliran kalian deket2 dikit sama yg biru dari jawa timur,sodara ijo kalian langsung bilang pengkhianat hahaha,stop pembodohan satu hati,dulur mah cuma sesama bobotoh aja,bebas latar belakangnya mau apa juga,kalo satu nama yg dijunjung persib berarti kita dulur,casual juga udah rada diterima kan sekarang sama kalian penghuni tribun timur,makin kesini makin kebuka multiculture lebih baik kan ? Senyum dulu dong hahaha

Unknown mengatakan...

Jadi gimana yg ngakunya dulur dari jawa timur udah nyambut yg oren2 di stasiun gubeng akhir bulan kemaren,giliran kalian deket2 dikit sama yg biru dari jawa timur,sodara ijo kalian langsung bilang pengkhianat hahaha,stop pembodohan satu hati,dulur mah cuma sesama bobotoh aja,bebas latar belakangnya mau apa juga,kalo satu nama yg dijunjung persib berarti kita dulur,casual juga udah rada diterima kan sekarang sama kalian penghuni tribun timur,makin kesini makin kebuka multiculture lebih baik kan ? Senyum dulu dong hahaha

Unknown mengatakan...

=======RAHASIA MENHASILKAN UANG BERLIMPAH=========

=======RATUSAN RIBUH HINGGA JUTAAN RUPIAH======

DILIRIK TEMPAT PESUGIHAN TAMPA TUMBAL DARI MANUSIA

Jika Anda sudah capek dan lelah dengan status

P7 – PERGI PAGI PULANG PETANG PENGHASILAN PAS-PASAN

dan Anda tidak tahu harus bagaimana untuk meningkatkan

kondisi finansial Anda… maka saya minta Anda dengarkan saya.

Mungkin Anda adalah orang

yang memiliki masalah :

1.pemikiran tidak karuan

2.Butuh Uang

3 Butuh angka togel hasil ritual 100% tembus yang terjamin

4.ingin buka usaha sendiri

5 Memiliki Banyak Hutang

6.Penghasilan Tidak Cukup

7.selalu gagal setiap ada pekerjaan

Semua masalah bisa di atasi

Maka Anda sudah tepat sekali.

berada di sini

Anda PENASARAN Dan

Ingin Tahu Rahasianya?

LANGSUN AJA HBG BELIAU JANGAN DI RAGUKAN

KY ARIF DI NO: (082-369-439-555)

Saya sangat berterimakasih banyak kepada

KY ARIF punya usaha dan bisa melunasi semua hutang2 saya bakhan saya juga sudah bisa membahagiakan kedua orang tua saya bersama istri saya. itu semua atas bantuan PAK KY yang memberikan sulusi jalang menuju pesugihan mendapatkan uang , sudah banyak paranormal yg saya hubungi tapi tdk pernah membuahkan hasil, sehingga saya mencoba mengikuti ritual pesugihan KY ARIF dan alhamdulillah berhasil dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan HBG BELIAU...!

DI no 082-369 439 555 KY ARIF jangan percaya sama nomor ritual paranormal yg lain,nomor ritual KY ARIF meman selalu tepat dan terbukti.DAN TANDA TERIMAH KASIH SAYA KEPADA KY ARIF SETIAP

SAYA DAPAT RUANGAN PASTI SAYA BERKOMENTAR TENTAN

BELIAU BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI KY ARIF DI NO 082 369 439 555)

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

hh teta saya mah VIKING , insyaallah selalu hadir sanajan di gbk oge aing mah rada nyamar saeutik.. nu penting selalu ada buat persib... northterace teh kuduna mah jang ka gbk , make atribut nyamar... mun di bdg mah udah aja atuh jadi bobotoh.. tong beda beda, jadi kompak nyanyian oge ka persib... mun maraneh rek nyamar kakarak tah make atribut KANGSUAL...#viking lampung! selalu gelut jeung dejek dilampung mah yeuh! da nu di bandung mah eweuhan rival teh, jadi we teu apal kumaha di lampung! jadi mun away away teh nu di bdg mah ngan koar koar hungkul di sosmed

Unknown mengatakan...

ANDA PENGEN CEPAT KAYA MELALUI JALAN PESUGIHAN TUYUL DAN ANDA JUGA BISA MENANG MELALUI ANGKA-ANGKA TOGEL 2D 3D 4D 5D 6D.

>>>>>KISAH NYATA DARI SAYA IBU CACAH DI MEDAN<<<<<

Aslamu alaikum wr wb..
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
dan berbagi kepada teman2 melalui room ini,
sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di SMP / SMA dan juga anak sememtarah kuliah,tapi SUAMI saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan NYI SEWIKA hidupnya kembali sukses,
awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
dan melihat langsung hasilnya, `
saya akhirnya bergabung dan menghubungi NYI SEWIKA di No 0853-7778-3434
Semua petunjuk NYI SEWIKA saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim,
Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya,
akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
kini saya kembali sukses terimaksih NYI SEWIKA saya tidak akan melupakan jasa AKI.
JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH,
SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB NYI SEWIKA DI 0853-7778-3434


((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))


Pesugihan Instant 5 MILYAR
Mulai bulan ini (January 2016) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal,
serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar,
Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
dll

Syarat :

Usia Minimal 21 Tahun
Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

Proses :

Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
Harus siap mental lahir dan batin
Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
Pada malam hari tidak boleh tidur

Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
Ayam cemani : 2jt
Minyak Songolangit : 2jt
bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

Prosedur Daftar Ritual ini :

Kirim Foto anda
Kirim Data sesuai KTP

Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 5 MILYAR

Kirim ke nomor ini NYI SEWIKA: 0853-7778-3434
SMS Anda akan Kami balas secepatnya

Maaf Program ini TERBATAS hanya untuk beberapa Orang saja..?

pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


Unknown mengatakan...

Meskipun berbeda dukungan, style, chant, maupun mayoritas jika yang kau lakukan mempunyai tujuan untuk mendukung PERSIB maka kita sama #kabehdulur #bobotohfamiglia33 #ultraspersib #viking #bomber #fcc SEMUA SAUDARA

Unknown mengatakan...

Hal yang tidak pernah terbayankan kini menjadi kenyataan dengan keluargaku,,,untuk MBAH SURYO kami ucapkan banyak terimakasih karna berkat bantuannya ALHAMDULILLAH keluarga kami bisa lepas dari hutang dan masalah,karna nomor “GHOIB”untuk pasang togel,hasil ritual MBAH SURYO meman benar2 merubah nasib kami hanya sekejap,dan disitulah aku berkesempatan kumpulkan uang untuk buka usaha kembali,karna baik rumah sudah disita,,warung makan jg sudah bangkrut,,tapi itu semua aku masih tetap bertahan hidup dengan anak istriku,,walau cuma kontrak tapi aku tetap bersabar dan akhirnya MBAH SURYO lah yang bisa merubah nasib kami..MBAH SURYO orang paling bersejarah kepada keluarga saya…!!! Kepada teman2 yang di lilit hutang dan ingin merubah nasib baik dari pada sekaran HBG: 0823~4299~7888-MBAH SURYO,dengan penuh harapan INSYAH ALLAH pasti tercapai dan sudah terbukti.

Unknown mengatakan...

Saya sangat bersyukur telah menemukan blok MBAH RAWA GUMPALA dan ternyata apa yang tertulis di dalam blok MBAH,semua itu meman benar-benar terbukti dan salah satunya saya sudah telah membuktikannya sendiri,saya sangat berterimah kasih banyak kepada MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaibnya,atas bantuan ini kini aku sudah bankit lagi dan usaha yang dulunya bankrut kini bisa berjalan kembali,berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA kini kehidupan kami sudah jauh lebih baik dari pada sebelumnya,saya tidak pernah menyangka kalau saya bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan budibaik mbah,pesugihan ini adalah pesugihan resmih dan pesugihan ini banyak pilihan misalnya dana ghaib tuyul minyan penarik uabg balik
Bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085-316-106-111 dan
pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

Unknown mengatakan...

Kapan fcc berterima kasih sama polic?

Ada juga ultras"an sector 5 dateng ke bandung nginep. Pulang di kawal panglima rival. Malu bung sama nama garis keras nya hahaha

Selayang Arah Pandang mengatakan...

Maaf mau nanya.. Bukannya casual culture pertama kali berkembang di britania?

Unknown mengatakan...

Sarkas

Unknown mengatakan...

Betul bung

anakgurungaji mengatakan...

all you need is casual
https://anakgurungaji.blogspot.com/

vivi mengatakan...

Kumpulan Arti Mimpi Tentang Toilet Dalam Togel Terlengkap
Tafsir Mimpi Togel

Aytekin mengatakan...

https://bayanlarsitesi.com/
Yenibosna
Anadolu Kavağı
İçerenköy
Yeşilköy
BX0E

mehmetBullet mengatakan...

Yalı
Beyazkent
Hisardere
Orhaniye
Karacakaya
5U0

SeaCaptain84 mengatakan...

ankara parça eşya taşıma
takipçi satın al
antalya rent a car
antalya rent a car
ankara parça eşya taşıma
E0B

MysticKürekçi29 mengatakan...

adıyaman evden eve nakliyat
kastamonu evden eve nakliyat
kırklareli evden eve nakliyat
diyarbakır evden eve nakliyat
ankara evden eve nakliyat
RGQ

MaviGözler26 mengatakan...

urfa evden eve nakliyat
malatya evden eve nakliyat
burdur evden eve nakliyat
kırıkkale evden eve nakliyat
kars evden eve nakliyat
RUQDG0

BA096JasonB50E3 mengatakan...

F773C
testosterone propionat
Ardahan Evden Eve Nakliyat
deca durabolin for sale
buy sarms
order turinabol
Elazığ Evden Eve Nakliyat
buy masteron
Çerkezköy Fayans Ustası
buy primobolan

9B9C9Ean9700C mengatakan...

6975B
parabolan for sale
pharmacy steroids
testosterone enanthate
Kripto Para Nedir
Çerkezköy Boya Ustası
Tekirdağ Evden Eve Nakliyat
Bartın Evden Eve Nakliyat
order peptides
Amasya Evden Eve Nakliyat

88067JuanD82AC mengatakan...

72CC9
Samsun Parça Eşya Taşıma
https://steroidsbuy.net/
Elazığ Şehirler Arası Nakliyat
Bayburt Şehir İçi Nakliyat
Trabzon Evden Eve Nakliyat
steroid cycles for sale
order oxandrolone anavar
order fat burner
Zonguldak Evden Eve Nakliyat

01BF1Anaya60B75 mengatakan...

B73DC
Kütahya Şehir İçi Nakliyat
Rize Lojistik
Niğde Lojistik
Denizli Lojistik
Karabük Evden Eve Nakliyat
İzmir Şehir İçi Nakliyat
Bibox Güvenilir mi
Ankara Parça Eşya Taşıma
Muş Şehir İçi Nakliyat

81DF8MaritzaD453C mengatakan...

BDD79
Çerkezköy Parke Ustası
Siirt Evden Eve Nakliyat
Giresun Şehirler Arası Nakliyat
Çankırı Evden Eve Nakliyat
Zonguldak Şehir İçi Nakliyat
Isparta Şehir İçi Nakliyat
Antalya Rent A Car
Bartın Parça Eşya Taşıma
Amasya Parça Eşya Taşıma

32055Mark1176D mengatakan...

538DB
binance %20

82596Tyrell2B917 mengatakan...

D8D5B
Coin Kazanma Siteleri
Paribu Borsası Güvenilir mi
Bitcoin Madenciliği Nasıl Yapılır
Coin Üretme Siteleri
Binance Yaş Sınırı
Kripto Para Üretme
Bitcoin Nasıl Kazanılır
Coin Çıkarma
Kripto Para Nedir

1D236Brandon2BD29 mengatakan...

25A65
resimli magnet
binance referans kodu
resimli magnet
resimli magnet
referans kimliği nedir
binance referans kodu
referans kimliği nedir
binance referans kodu
binance referans kodu

4245DSierraB8A85 mengatakan...

07B8E
binance referans kodu
binance referans kodu
resimli magnet
resimli magnet
referans kimliği nedir
resimli magnet
binance referans kodu
referans kimliği nedir
binance referans kodu

E20F9Ariah4D1B1 mengatakan...

11D85
layerzero
avax
arbitrum
yearn
dcent
defilama
ledger wallet
galagames
quickswap

4A987ChesterB9DC5 mengatakan...

0496E
aave
zkswap
ledger desktop
yearn
poocoin
defilama
avax
poocoin
defillama

BE95DZariah4B9DB mengatakan...

CCE4C
layerzero
shapeshift
DefiLlama
dappradar
pudgy penguins
uniswap
eigenlayer
yearn finance
zkswap

-----Takipci Satin Alma mengatakan...

2A804
telegram kripto
en düşük komisyonlu kripto borsası
kaldıraç nasıl yapılır
cointiger
mexc
huobi
poloniex
okex
toptan sabun

Posting Komentar

父 ULTRAS IN INDONESIA | SUPPORT YOUR LOCAL TEAM | 12 ALL BROTHERS 父


Updates Via E-Mail

Popular Post

Article

Best Photo

Video